Jumat, 30 September 2016

Aplikasi Desain Grafis yang pernah digunakan

Judul/Bab          : Aplikasi Desain Grafis yang pernah digunakan

Nama               : Havidz Hadiansyah  

NPM                : 54414859

Kelas                 : 3IA21

Mata Kuliah      : Desain Permodelan Grafik

Nama Dosen      : Syefani Rahma Deski

        Saya akan membahas aplikasi desain grafis yang saya biasa gunakan untuk mengerjakan suatu projek dibidang desain grafis yaitu Adobe Photoshop. Untuk lebih jelasnya saya akan membahas tentang Adobe Photoshop dan membuat suatu desain dibawah ini:

A. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.


                                                                      ( Adobe Photoshop tersedia untuk beberapa OS )




                                                     ( Untuk pengguna linux perlu memakai bantuan aplikasi Cross Over )
                                          
Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC.


( Versi Photoshop CS )


Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. 
( Program Display )

 Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.  Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.

(  ImagePro )

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

( Russell Brown )
( Adobe Photoshop 1.0 )


Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:


( RGB color model )


( CMYK color model )


( Grayscale )


( Bitmap )


( Duotone )

Format File

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

•    .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask,   opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
•    .PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
•    .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

  

B. Membuat Hand Lettering di-Adobe Photoshop CS 6 
 1.    Membuat dokumen baru dengan, mengklik File lalu pilih New atau dengan memencet tombol Ctrl+N, pilih ukuran 2000 x 2000 pixel dengan 100 resolution.




2.    Lalu klik Horizontal Type Tool atau dengan memencet T, dan aplikasikan kelembar workout anda.







3.    Ketikan Grafik, dengan type font Sunday Morning dan ukuran fontnya 300.


4.    Selanjutnya Membuat lingkaran dengan Elliptical Marque Tool.


5.    Lalu klik kanan dilingkaran putus-putus tersebut dan pilih make work path dan tolerance 2.0 pixel.




6.    Setelah itu klik Horizontal type tool, lalu aplikasikan ke lingkaran putus-putus tersebut, selanjutnya ketikan “-“ sampai membentuk lingkaran.


7.    Selanjutnya membuat lingkaran make work path seperti tadi, lalu ketikan “ - Desain Pemodelan - “.


8.    Terakhir rapikan workout anda, dan kurang lebih akan menjadi seperti ini:

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar