Jumat, 10 November 2017

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika

Nama Kelompok : Bogie Akbar (52414214)  Link : http://bogieakbar.blogspot.co.id
                              Havidz Hadiansyah (54414859) Link : https://yip-neworder.blogspot.co.id
                              Rizky Riyadi Hidayat (59414719)


PT. Linknet


A. Regulasi dan prosedur pendirian perusahaan

1. Bentuk-bentuk usaha

PT Link Net Tbk. (“Link Net”), didirikan pada tahun 1996, adalah penyedia terbesar layanan melalui kabel di Indonesia, menyediakan layanan televisi berlangganan, Internet Pita Lebar (Broadband) dan komunikasi data. Link Net beroperasi di Jabodetabek, yang memiliki populasi dasar lima juta rumah tangga dengan enam ratus enam puluh ribu pelanggan internet dan TV kabel. Link Net memiliki dan mengoperasikan jaringan kabel Hybrid Fiber Coaxial (“HFC”) digital dua-arah yang luas yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk pelanggan ritel dan bisnis, termasuk menyediakan berbagai layanan komunikasi data melalui jaringan serat optik perseroan. Link Net juga mengoperasikan saluran televisi berlangganan bekerja sama dengan PT First Media Television yang menyediakan saluran televisi lokal dan internasional.




B. SDM dan organisasi

1. Struktur Organisasi


2.Sistem Penggajian

Berbagai aspek dipertimbangkan oleh Perseroan agar dapat tercipta hubungan yang serasi, aman, mantap, tenteram, dan dinamis antara Perseroan dengan seluruh karyawannya, antara lain tentang kejelasan dalam tugas, hak, dan kewajiban karyawan sehari-hari, perhatian dalam kebutuhan kehidupannya dalam kondisi sehat maupun sakit, serta atmosfer lingkungan kerja yang menunjang kinerja karyawan. Aspek-aspek tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan membantu menciptakan ketenteraman dan kepuasan karyawan dalam bekerja sehingga akan sangat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin timbul secara musyawarah.
Peraturan Perusahaan Perseroan telah disahkan melalui Surat Keputusan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Nomor: KEP.1423/PHIJSK-PK/PP/XI/2015 tanggal 8 Desember 2015 yang berlaku hingga tanggal 30 April 2017. Secara umum, Peraturan Perusahaan Perseroan memuat hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan, serta ketentuan yang bertujuan membina hubungan serasi, selaras, dan seimbang dalam usaha meningkatkan efisiensi, produktivitas dan prestasi kerja yang optimal. Diharapkan Peraturan Perusahaan Perseroan dapat mewujudkan terciptanya hubungan industrial yang kondusif antara karyawan dan Perseroan, dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku, termasuk penyesuaiannya di kemudian hari.

C. Aspek Keuangan

1. Komponne biaya/anggaran

Dibawah ini merupakan anggaran tahun 2015 dan 2016 PT. Link.net


2. Estimasi Biaya/Satuan Biaya

Estimasi biaya berisikan biaya yang dikeluarkan untuk kepenting didalam ruang lingkup perusahaan seperti biaya karyawan, biaya listrik dll. Dibawah ini laporan estimasi biaya PT. Link.net:




3. Penyusunan anggaran/investasi Perusahaan

Pada bulan Juli 2012, Perusahaan melakukan penyertaan modal ke PT Indonesia Media Televisi (“IMTV”). Perusahaan memperoleh 50.000 lembar saham IMTV (20% kepemilikan) sebesar Rp500. Pada bulan oktober dan November 2012, perusahaan melakukan penambahan modal ke IMTV masing-masing sebesar Rp3.000 dan Rp5.000. Transaksi tersebut tidak menyebabkan perusahaan persentase kepemilikan dari Perusahaan. Pada Bulan Januari 2013, Perusahaan melepaskan 212.500 lembar saham IMTV (5% kepemilikan) sebesar Rp2.125 yang menyebabkan perubahan presetase kepemilikan Perusahaan pada IMTV menjadi 15%.
Pada berbagai tanggal ditahun 2013 dan 2014, Perusahaan melakukan penambahan modal ke IMTV sebesar Rp68.625. Transaksi tersebut tidak menyebabkan perubahan presentase kepemilikan dari Perusahaan. Mutasi inventasi pada entitas asosiasi adalah sebagai berikut:



Pada tanggal 31 Desember 2016 dan 2015, IMTV memiliki jumlah asset masing-masing sebesar Rp585.428 dan Rp724.951. Meskipun Perusahaan memiliki kurang dari 20% saha IMTV, Perusahaan memiliki pengaruh signifikan melalui hak penunjukkan satu direktur pada Dewan Direksi dan satu komisaris pada Dewan Komisaris IMTV.

4. Penyusunan Cashflow Perusahaan

Dibawah ini merupakan gambar untuk laporan alur kas atau cashflow PT. Link Net





5. Time value of money dan tingkat suku bunga

Harga dari penggunaan uang yang dinyatakan dalam persen untuk jangka waktu tertentu.  Pengertian tingkat suku bunga sebagai harga ini bisa juga dinyatakan sebagai harga yang harus dibayar apabila terjadi pertukaran antara satu rupiah sekarang dengan satu rupiah nanti. Berikut ini laporan tingak suku bunga PT. Link.net:



D.Aspek Pemasaran

1. Spesifikasi Produk/Jasa

Fastnet

FastNet adalah produk dari First Media yang memberikan layanan internet broadband, yang merupakan satu satunya solusi akses Internet cepat tanpa batas dengan harga terjangkau untuk memenuhi semua kebutuhan informasi bagi keluarga pelanggan. Spesifikasinya sebagai berikut:

Koneksi tercepat dan Stabil
Kuota tak terbatas
Tahan Segala cuaca
Proses install mudah
Tidak Menggunakan Kabel Telepon
Tidak Perlu Dial Up
Menggunakan Kabel Optik

Home Cable

HomeCable adalah unit usaha Perseroan di bidang layanan televisi berbayar (TV Kabel). Unit usaha ini menggunakan jaringan broadband yang menyediakan kanal televisi dengan jangkauan luas bagi pelanggan. Bersamaan dengan tayangan Standard Definition (SD) pelanggan juga bisa menikmati jangkauan tayangan High Definition (HD) serta dapat juga memanfaatkan aplikasi interaktif guna meningkatkan pengalaman dalam menonton. Spesifikasinya sebagai berikut:

Kualitas suara Dolby Digital 5.1
Resolusi 1080i Kualitas HD
Aspek Resolusi tayangan 16:9
Resolusi 5x lebih jernih

FirstMediaX

FirstMediaX merupakan TV anywhere atau aplikasi OTT (over-the-top). Dimana masyarakat dapat menonton 110 saluran tv dimanapun dengan menggunakan perangkat mobile atau tablet. Spesifikasinya sebagai berikut:

Mudah digunakan dimana saja
Perangkat yang digunakan Smartphone atau tablet
Dapat mengakses 110 chanel saluran TV Lokal maupun Internasional.

2. Segmentasi Produk/Jasa

Segmentasi Pasar FastNet

Secara Geografis FastNet menawarkan layanan internet untuk dipulau pulau besar seperti pulau Sumatra, jawa yang dimana populasi manusianya membutuhkan layanan internet sebagai alat bantu mencari informasi sehari hari. Ada juga beberapa daerah yang belom tersentuh layanan internet FastNet.
Pada segi segmentasi psikografi fastnet menawarkan pilihan family attack yang diperuntukan untuk internet rumahan, dimana tidak memerlukan speed internet yang cepat. Layanan Fastnet ini dibagi kedalam pasar untuk rumahan atau perkantoran.

3. Analisis sistuasi pasar

Sebelum munculnya layanan internet cabel ini, orang mengakses internet melalu jaringan internet dihp yang dimilikinya dengan keterbatasan kuota yang disediakan sehingga hanya digunakan untuk membaca berita dsb. Semakin lama internet digunakan untuk menonton video, mendownload film, gambar dimana membutuhkan kecepatan internet yang kencang dan size yang cukup besar. Sehingga akhirnya FastNet muncul sebagai solusinya dengan menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi dan bebas kuota sehingga masyarakat dapat mengakses segala sesuatu yang diinginkan tanpa ada rasa takut kuota akan habis sebelum waktu masa akhirnya tiba.


4. Analisis Pesaing

- Indihome

Kecepatan dan kestabilan dengan harga/paket yang sama berbeda. Lebih cepat Firstmedia.
Fitur free wifi di luar rumah. Firstmedia, tetapi di beberapa tempat sepertinya otomatis jalan tanpa username password. Sedangkan indihome agak rumit dan ngga jalan malah
Merk Router yang diberikan, untuk Firstmedia: cisco, sedangkan untuk indihome huawei. 


5. Strategi Promosi

Perseroan sangat meyakini bahwa keberadaan brand bukan sekedar ideniier atau idenitas baku, melainkan brand adalah nyawa dari sebuah bisnis. Membangun brand merupakan jalan satu-satunya untuk mengimbangi persaingan usaha yang ketat. Perseroan pada tahun 2014 sangat menjaga nilai
brand dengan mengevaluasi seiap rencana program pemasaran, jangan sampai program pemasaran yang diciptakan justru membalikkan keadaan brand menjadi lebih buruk. Perseroan menyadari bahwa era kompeisi saat ini sudah sangat padat, sudah tidak bisa menggunakan cara-cara tradisional yang hanya mengandalkan features dan beneit dalam merangkai
sebuah strategi pemasaran. Terobosan Perseroan pada tahun 2014 dengan menerapkan experienial marketing sebagai strategi pemasaran untuk mencapai gambaran
atau persepsi “superb services” di dalam benak pasar. Perseroan menghidupkan brand bukan sekedar sebagai penanda (marker), atau idenitas baku, tetapi brand diberikan kehidupan sebagai “Experience Providers”. Pada tahun 2014, Perseroan merangkai strategi pemasaran dengan konsep strategi 5 C yang terdiri atas connecions, content HD, combo package, customer relaionship, dan customer interacive features, atau disebut “Next Generaion Broadband”. Kelima variabel
ini merupakan turunan dari experience providers untuk mencapai persepsi “superb services”.


6. Media Promosi Berbasis IT

- Advertising

Perseroan melakukan akivitas komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan beberapa media komunikasi seperi media sosial, website, radio, koran, majalah, billboard serta sejumlah acara. Untuk
84 LAPORAN TAHUNAN LINK NET 2014 media cetak Perseroan memilih beberapa media
ternama seperi koran Kompas, Suara Pembaruan, Investor Daily, Jakarta Globe dan beberapa
majalah lainnya. Media cetak lain yang digunakan memanfaatkan alat seperi brochure, liers dan
POSM (Point of Sales Material).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar